Rute Baru Bus Transjakarta

Mau cerita sedikit tentang pengalaman gw naik bus Transjakarta koridor ini. Sebenernya tiap hari juga naik tu kendaraan sih, yang ngebedain cuman koridornya nya aj😀

Well, jadi…beberapa waktu yang lalu itu ceritanya Bokap dan Nyokap pergi ke luar kota plus Asisten Rumah Tangga pulang kampung pula. Alhasil yang stay di rumah cuman tinggal gw dan kedua adikku. Yaaa..untuk menghindari efek yang signifikan karena situasi ini, diaturlah jam pergi dan pulang untuk gw dan si Ade.  Dan gw sebagai orang yang berkantor di daerah Sudirman dengan jam masuk yang bisa dibilang agak siang, jadilah gw pergi ke kantor paling belakangan, yang artinya pergi ke kantor nya bisa barengan ma Adit, ade ku yang paling kecil. Karena pergi paling belakangan itu lah, gw harus mikir lagi, gimana caranya bisa pergi ke kantor tanpa harus telat banget nyampe ke kantornya. Tau sendirilah, jarak rumah Bekasi ke Sudirman itu tiap hari kerja bisa makan waktu 2 jam sendiri untuk nyampe. Ini lagi, pake acara jam 6 lewat baru berangkat dari rumah. Bisa nyampe kantor pas jam makan siang kali (lebay mode on😛 )

Yang sempat terpikir waktu itu sebenernya ada dua rute. Satu rute naik kereta dan yang lainnya naik angkot ke P.Gadung seperti biasa.

Kalo naik kereta, at least bisa naik kereta eskpres jurusan Bekasi-Kota yang jadwal keberangkatan jam 7 pagi. Turun di stasiun Manggarai, trus jalan dikit ke halte busway Manggarai buat naik busway yang jurusan ke Dukuh Atas yang nantinya akan dilanjutkan ke jurusan Blok M. Hitung punya hitung, waktu perjalanan harusnya ga makan sampe 1,5 jam. Bisa nyampe kantor jam 8 an lah. Tapiii, itu belum termasuk kalo misal kereta ga akan lelet dalam perjalanannya dan gw ga pake acara nunggu lama untuk bisa naik busway yang koridor 4 karena biasanyaaaa di jam-jam 7.30 an pagi itu adalah waktu yang paling hectic-hectic nya bagi bus koridor 4 tersebut. Suka susaaahh banget buat naik ny dan bisa makan waktu 15 menit sendiri buat nunggu bis yang bisa kita naikin. Belum lagi, kemalasan gw untuk melintasi jembatan dukuh atas 2 itu. Sumpe y, itu jembatan panjang bener😛

Berdasar dari kondisi itulah, akhirnya gw putusin untuk pake rute yang kedua, yaitu rute ke P.Gadung yang nantinya akan dilanjutin dengan naik busway koridor 4 atau malah kalo bisa naik rute baru nya –> P.Gadung – Bunderan Senayan (Bunsen). Yup, rute ini nih yang sebenernya mau gw coba sejak mulai beroperasi bulan Februari lalu😉

Beruntung, pas gw nyampe di terminal dan ke loket busway koridor 2 untuk nanya rute itu, tiba-tiba datanglah satu bus yang di kaca depannya tertulis rute P.Gadung-Bunderan Senayan. Huaaaa, langsung deh saat itu juga, beli karcis buat bisa naik itu bus. Lucky me (lagi), saat itu juga, jarang banget orang-orang yang mau ke jurusan Blok M, jadilah gw duduk sampe ke tempat tujuan. Hmmm, nyampe tempat tujuan, badan udah lumayan seger juga karena udah bisa tidur sebentar hihihi

Jadi…yang bisa ku simpulkan sementara adalah rute P.Gadung-Bunderan Senayan itu sepertinya rute uji coba untuk memfasilitasi orang-orang di sepanjang jalur koridor 2 yang ingin ke arah Blok M. Rute perjalanannya sendiri sebenernya hampir sama dengan rute koridor 2 (P.Gadung-Harmoni). Yang membedakan, bus jurusan Bunsen ini, ga masuk ke halte Harmoni lagi. Dia langsung belok kiri setelah berhenti di halte Pecenongan. Hal ini sebenernya yang sangat membantu banget karena perempatan Harmoni itu lampu merahnya bisa makan waktu 5 menit sendiri buat nunggu giliran belok ke kanannya. Tambah makan waktu ketika turun dari bus dan berpindah koridor. Total perjalanan dari P.Gadung ke Bunsen ini lumayan lama juga sih, bisa makan waktu sampe 1 jam an lah. Itu keadaaan pas emang jalanan lagi rame dan padat-padatnya. Mungkin kalo lagi sepi, bisa kurang kali y. Rute ini cuman jalan pada saat jam tertentu aj. Kalo pagi, dimulai dari jam 6 sampai jam 10. Dan kalo sore, dimulai dari jam 16.00 sampai jam 20.00. Errr, kalo jam pulang ny, sebenernya masih kurang yakin sih mulai dan selesai jam berapa hehehe belum pernah nyoba soalnya😛 Mungkin kalo ada yang tau, bisa di share loh😉 Oia, bus yang tersedia untuk rute ini hanya ada 5 bus. Jadi, bisa memperhitungkan sendiri lah y, jam berapa aj itu bus ada di P.Gadung nya dengan waktu tempuh yang kurang lebih 1 jam itu. Enaknya naik bus rute ini, kita ga usah repot-repot keluar masuk bus. Tinggal duduk dan..tunggulah sampe tempat tujuan. Syukur-syukur kalo kita bisa tidur. Lumayan banget tuh, 1 jam an😀 Asal jangan sampe kelewat juga sih😉 Belakangan, baru tau juga kalo ada rute langsung juga dari Kalideres ke Bunsen, tapi berhubung gw bukan user untuk jurusan tersebut, jadi cukuplah cerita yang dari P. Gadung saja😉

One thought on “Rute Baru Bus Transjakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s