Orafin Go Live

Finallyyyy!!!selesai juga gw menginput data bulan Januari di Orafin😀 rasanya seneeeennngg banget pas tau kalo ini udah selesai.Berasa lega dan tentunya bisa pulang di jam normal lagi, ga kaya sebulan kemarin yang mesti pulang larut malem karena harus ngejar inputin data bulan Januari (gileee bulan Februari ini, hidup gw didedikasikan untuk Orafin!!lebayy wekekekekekkk).Mudah-mudahan sih ga begitu banyak kesalahan yang gw lakukan ya biar besok-besok gw ga harus meng reverse itu jurnal yang gw buat😀 semoga saja😉
Eniweiii..dari sistem yang baru itu ada beberapa hal yang bikin gw males kalo mesti menghadapi beberapa pembayaran tipe tertentu.Misal nih, untuk pembayaran dalam mata uang asing. Sebabnya, karena dalam mata uang asing, untuk memvalidasi data yang udah gw input itu biasanya gw harus nunggu konfirmasi dulu dari bagian Keuangan mengenai kurs mata uang asing pada saat transaksi hari pembayarannya.Naaahh kadang nih, saking semangatnya gw, gw suka langsung nge validate aj itu data inputan tanpa nunggu konfirmasi dari bagian Pembayaran.Alhasil yang ada gw harus meng reverse jurnal yang udah kebentuk pada saat data nya udah gw validasi:/
Hal lainnya yang suka bikin bingung sendiri adalah ketika ada unsur PPh di dalamnya.Emang sih tinggal di centang aj bagian withholding tax nya dan dia akan menghitung sendiri tax nya tapi hal itu ga berlaku kalo misal si angka yang gw input dan yang akan gw hasilkan itu tidak dalam angka yang bulat.Yaa bagian Accounting pengennya nilai yang tertera diinvoice itu (yang kadang suka menghasilkan angka keriting di setiap unsurnya) sama dengan nilai yang akan gw input di Orafin.Kalo misal gw main input aj ni angka keriting dan main centang unsur PPN plus PPh nya, angka yang dihasilkan pun makin keriting di Orafin itu.Akhirnya untuk menyiasatinya, yaaa satu-satu deh input angkanya which means it takes time more than usual😉
Yang bikin gw harus ekstra semangat lagi untuk ngerjain ni Orafin adalah ketika harus melakukan pembayaran perjalanan dinas.Sebagaimana diketahuin bahwa dalam perjalanan dinas itu ada beberapa unsur yang terkandung di dalamnya such as uang saku nya, uang transport, airport tax, tiket, hotel dan segala macam bentuk pengeluaran yang menunjang perjalanan dinas tersebut.Naahh karena banyak mengandung unsur-unsur didalamnya itu, akun anggaran yang dialokasikan juga pasti akan berbeda kan.Disinilah yang mesti ekstra sabar ngisiin satu-satu datanya dengan alokasi anggaran yang tepat.Kalo yang pergi cuma 1 or 2 orang sih gw udah mulai terbiasa cuman kalo udah pergi dalam bentuk rombongan itu yang bikin mata gw suka siwer sendiri hahahaha kudu ekstra teliti dan hati-hati kalo udah bagian akhir-akhirnya.Takut aj salah ngalokasiin akunnya😛
Last but not least adalah kalo kompi nya pake acara nge hang saking lamanya gw pake itu Orafin.Ya jelas lah gw pake lama karena emang dari gw masuk kantor sampe pulang kantor kan gw make itu Orafin:/ untuk menyiasati biar tu Orafin ga nge hang sih biasanya gw “istirahat” kan sejenak itu kompi dari berbagai macam aplikasi yang gw buka yang ga ada hubungannya ma kerjaan kaya Tweetdeck,iTunes,YM😛 Pas sebulan kemarin sih, itu aplikasi jejaring sosial ga dipake secara maksimal ya secara lebih konsen untuk ngerjain Orafinnya hehehe tapi tetep punya peranan dalam memakan memori komputer gw sehingga di waktu tertentu gw harus menutup semua itu aplikasi biar Orafinnya bisa jalan.
Semoga seiring dengan berjalannya waktu, gw makin lancar make ni Orafin🙂

One thought on “Orafin Go Live

Leave a Reply

