KBO Mei : Pizza Mini

Berjumpa lagi di KBO🙂

Sebenernya ini tantangan udah langsung gw kerjain sehari setelah si pemberi tantangan memposting di blog ny sih.Eh, bukan sehari sebelumnya malah.Beberapa jam sebelumnya hehehehe Kebetulan semua bahan yang dibutuhkan lagi ada semua di rumah, kebetulan juga Bokap lagi di rumah (dua tantangan kemarin ga nyicipin soalnya) ya udah deh, langsung aj ngeluarin peralatan masak dan siap memasak😀 Cumaaann karena gw nya lagi maleesss banget, jadilah ini postingan hanya tersimpan di draft saja.Baru deh tuh setelah di “peringatkan” oleh ibu Dian,jalan lagi deh postingannya hehehe Adapun  resep kali ini,di ambil dari blog nya ibu Nining.

Bahan:
Pizza dough:
500 gr terigu protein tinggi
4 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
1 sdt ragi instant
2 sdm minyak goreng
125-150 ml air hangat

Topping:
saos tomat
sosis sapi/ayam
smoked beef
bawang bombay dicincang
jamur & paprika, potong kecil-kecil (yang difoto gak pakai ini)
keju cheddar/mozarella, parut

Cara Membuat:
Bikin dough:
aduk semua bahan kering
tuangi air sedikit sedikit
tuang minyak goreng
aduk rata sampai kalis, istirahatkan 30 menit
kempeskan adonan, timbang adonan masing2 25 gram, bulatkan, istirahatkan lagi 30 menit
gilas adonan, bentuk bulat-bulat diameter 8-10 cm
beri topping secukupnya, taburi keju

Hmmm, kalo dibandingin ma dua tantangan sebelumnya, pembuatan pizza mini ini nih yang paling minim kesalahannya😉 Yang agak sedikit berantakan itu adalah ketika adonan kering dicampur dengan air sedikit demi sedikit.Ga tau deh, apa karena gw nuangin airnya ritmenya ga pas dengan yang dibilang sedikit demi sedikit, yang ada 150ml air hangat itu kurang bercampur dengan adonan keringnya.Masih lumayan banyak tepung yang belum teraduk sempurna dengan si air.Yaa akhirnya sih gw tambahin lagi air hangatnya kurang lebih 100ml air.Eh..ga segitu pas 100 sih.Pokoknya gw nuangin air lagi sedikit demi sedikit sampe itu adonan kering menyatu ma air nya dan minyak goreng nya.

Seperti biasa kalo adonannya ada yang pake Fermipan, gw takut aj kalo adonannya ngga ngembang.Tapi alhamdulillah setelah didiemin kurang lebih 30 menitan seperti yang resep bilang, adonan gw mengembang😀 setelah dikempiskan kemudian mengira-ngira satu bulatan untuk satu pizza dan mendiamkannya lagi kurang lebih 30 menit, saatnya untuk membentuk pizza nya😉 Di sini gw ga pake acara gilesan-gilesan.Langsung aj tu adonan gw bentuk pake tangan hehe Mungkin kalo ukuran pizza nya gede, bakal pake itu penggilesan kali y tapi karena ukuran nya yang mini, pake tangan aj sepertinya sudah cukup ok kok.

Untuk toppingnya, gw nyesuain ma bahan yang tersedia di kulkas Nyokap.Kebetulan ada sisa mayonaisse, sosis ayam (jatah bekal makannya Adit kalo sekolah😛 ), keju melt (kalo yang ini mampir bentar ke Indomaret beli) dan bawang bombay (dicincang trus ditumis bentar).Yang terpikir ketika buat toppingnya ini sih adalah pake apaan y biar itu sosis dan keju bisa nempel ke dough pizza nya??Liatin gambar di blog rujukan sih keliatannya make saos tomat or sambal gitu y.Trus keinget juga kalo Adit beli pizza di ruko (bukan yang jenis Pizza Hut dan temen-temennya), pasti olesan pertamanya saos tomat.Ya udah deh, jadilah olesan paling pertama gw kasi saos tomat ma saos sambal (gw selang seling antara satu pizza ma pizza yang lain).Abis diolesin saos tomat or sambal nya, gw kasi mayonnaise.Abis itu, baru deh gw kasi sosis, bawang bombay dan yang paling terakhir keju melt.

Untuk proses manggangnya, gw pake api sedang.Tapi itu juga mesti sering diliat dan dituker letak loyangnya.Biasanya kalo baru pertama kali masuk, loyang gw masukin ke bagian tengah oven.Pas udah setengah mateng, gw pindahin ke bagian bawah buat matengin bagian bawah pizza nya.Kalo dirasa udah cukup mateng, gw tuker lagi ke bagian tengah oven sampe pizza nya terlihat matang.Hmm, mungkin kalo punya oven yang bisa pake timer itu, ga ribet mindahin kali y😉

Hasilnya sih alhamdulillah orang rumah pada suka.Berasa garing gitu kalo gigit bagian bawah dan krenyes pas bagian toppingnya.Eh, Bokap denk komplen tentang penataan toppingnya.Dia minta gimana cara nya itu topping bisa barengan dimakan ma pizza nya karena kalo dia yang makan, pasti toppingnya duluan yang abis.Tapi, kalo itu bukannya tergantung cara makan masing-masing orangnya bukan sih??hihi

3 thoughts on “KBO Mei : Pizza Mini

Leave a Reply

