Oven Baru ;)

Hola hola…kembali lagi😀

Ga kemana-mana sih, di sini-sini aj cuman ya itu….lagi ga ada ide untuk nulis apaan dan ketika udah ada bahan untuk nulis, eeee…ga sempet aj gitu buat ditulis lagi sampe menguap lagi deh ide-ide nya hehehe

Sebagai permulaan, mau cerita aj kalo sebelum bulan puasa kemarin,Nyokap beliin oven gas.Bedanya ma oven yang udah ada, ni oven bisa langsung disambungin ke tabung gas.Jadi ga ada lagi yang namanya nyari batu bata dulu buat ganjelan di kompor kalo mau ngopen.Penampakannya sih seperti ini nih…Gede y bowww😉 Yang tukang jualannya aj sampe bilang “Ibu emang mau jualan kue y?sampe beli yang ukuran gede gitu”. Gw ma Nyokap yang dikomentarin begitu cuma nyengir aj karena emang ga ada maksud apa-apa sih kecuali emang mau bikin kue sendiri dan lebih cepet dalam proses panggang memanggang itu.Kenapa lebih cepet?karena sekali manggang, 4 loyang ukuran standard bisa masuk.Ditambah lagi, pengapiannya pun lebih ok karena selain dari bawah, pengapiannya ada yang dari atas juga.Jadi pas deh menurut gw🙂

Percobaan pertama pas ngebuat kue-kue kering waktu Lebaran kemarin.Well, merujuk kebiasaan make oven yang ditangkringin di atas kompor dimana kompor harus dinyalakan terlebih dahulu beberapa saat sebelum loyang dimasukkan demi mendapatkan suhu oven yang cukup panas, jadilah kita menerapkan hal yang sama dengan oven gas itu.Kita sambungkan selang ke tabung gas nya, nyalakan api trus diemin deh sembari nungguin loyang yang siap untuk masuk ke oven (baca: udah penuh ma bakal kue kering). Ketika satu loyang udah penuh ma kue yang siap dipanggang, langsung deh gw masukin tu loyang ke oven gas nya.Abis itu, lanjut donk gw menuhin loyang yang lain lagi.Di saat gw menyiapkan loyang yang berikutnya itulah kemudian bau gosong tercium dari oven!!Panik lah gw.Kan gw baru masukin 5 menit yang lalu.Masa iya, 5 menit kemudian udah mateng???biasanya kan 45 menitan lah itu kue baru mateng.Alhasil itu satu loyang jadi berwarna hitam dan gosong😦 untuk ngindarin kegosongan lagi, akhirnya gw kecilin lagi apinya dan…ternyata itu juga tidak berhasil!!!jadilah 3 loyang berikutnya juga gosong…Huaaaa…. ;(( ga mau kejadian lagi, akhirnya gw matiin dulu itu oven sampe 4 loyang siap dan dimasukin berbarengan.

Akhirnya, berdasarkan pengalaman itu, besok-besok harinya pas gw manggang lagi pake itu oven, gw penuhin 4 loyang dulu semuanya baru deh masuk ke oven gas itu.Oven gas nya sendiri, baru gw nyalain pas loyang nya udah ready to baked karena kalo nyalainnya udah dari kapan tau, tu adonan bakal kaya pengalaman pertama kemarin…gosong huehehehe So far sih, cara itu berhasil😉 Ga  ada lagi kue-kue kering yang gosong.Makaroni panggang pun juga berhasil dipanggang perfecto😀

Hmmm..besok buat makanan apa lagi y😉

2 thoughts on “Oven Baru ;)

  1. MS O says:

    wah! bukanya dimana2 teorinya kudu manasin oven dulu yak. oven dagangan bener nih ki, canggih :D…huhuhuhhuhuhu kangen bakiiiiinggggggg *nasib anak kos

    • kiky says:

      iy sih, emang teorinya harusnya manasin oven dulu cuman mungkin jangan terlalu lama kali y jeda waktu antara manasin oven dengan masukin loyangnya karena kalo jeda waktunya lama, kue elo langsung gosong saking udah panas banget itu suhu oven.Ini aj kalo udah puteran kedua masukin loyang, apinya gw keciliiiin sampe nyaris mati karena ngeri loyang terlalu panas yang berakibat gosong itu😀
      Bakingnya pas d rumah Bogor aj.Bikin cemilan buat Mozi😉

Leave a Reply

