Jakarta Marathon 2014

Yeaaayyy, gw PB 10K di JakMar ini😀 Entah karena gw males kepanasan saking matahari lagi seneng-senengnya bersinar atau gw nya lagi kesambet?entahlah hihi Yang pasti, dari 10K yang udah pernah diikutin dari tahun lalu, event JakMar ini yang punya catatan waktu paling baik🙂 Senang😀

lari

Eniwei, JakMar tahun ini lebih baik sedikit lah dibandingkan tahun lalu. Waktu pendaftaran dan pengambilan race pack udah lebih rapi dari tahun sebelumnya. Kalo tahun lalu, amil racepacknya di Monas dan memakan waktu sampe berjam-jam antrinya sambil panas-panasan, tahun ini lebih enak. Tempat pengambilan racepacknya diadain di JCC. Adem karena ber AC dan ga pake antri berjam-jam seperti tahun lalu. Ga ngerasain juga sih gw antri berjam-jamnya karena yang ngambilin OB Kantor tapi tetep aj galau karena racepack belum di tangan hihihi

Naahh, pas pelaksanaan di hari H nih yang banyak catatan untuk tahun depan. Pertama perihal masuk ke area race nya. Pintu masuknya dibuat jadi satu pintu yang letaknya kalo gw ga disorientasi arah, pintu monas yang hadap-hadapan sama istana negara. Errr, yang sempet bikin rusuh adalah, kita harus ngelewatin pintu detektor untuk menuju ke garis startnya. Bayangin aj, masa 14ribu peserta di waktu yang sama kudu ngelewatin pintu detektor yang hanya tersedia cuman 2 biji!!Langsung aj, yang udah mepet mau start (FM dan HM start jam 05.00 pagi) langsung teriak minta dibuka pagarnya dan ga usah harus ngelewatin itu metal detector. Alhamdulillah akhirnya itu pagar-pagar pembatas dibuka juga setelah para pesertanya pada teriak-teriak ngomel hihihi

Hal selanjutnya adalah tentang waterstation. Seperti yang udah dibilang di buku guide nya, water station akan ada setiap 2,5km sekali. So..buat yang ikutan 10K kaya gw, at least ada 3 waterstation yang akan dilewati. Berbekal itu pulalah, gw pede-pede aj ga bawa botol minum di tangan buat cadangan. Faktanya…cuman ada 2 waterstaion aj dunk. Setelah KM 5, udah ga ada lagi watertstion. Alih-alih waterstation, ada mba-mba sales ngejajain minuman sponsor 3 botol Rp10ribu perak:/ Ga tau deh tu, itu bagian dari race itu atau yang memanfaatkan situasi. Yang agak ngeganjel juga adalah pas di waterstation pertama di sekitaran Duta Merlin. Selepas lampu merah Harmoni, ada penunjuk yang misahin jalur antara pelari yang ikut HM & FM dengan yang 10K & 5K. FM & HM ambil jalur sebelah kiri dan 10K & 5K jalur sebelah kanan (jalur bus Transjakarta). Berdasar itu pulalah, gw pun ambil jalur kanan dunk. Yang bikin mangkel, itu waterstation kenapa adanya di sebelah kiri sik. Mending kalo di jalan Harmoni itu ga ada separator. Lah ini, separator setinggi pinggang gw, masa iya mesti muter balik e jalur FM & HM trus ambil minum abis itu balik lagi ke jalur kanan? Ngeliat itu sempet ngebatin ga mau ambil air karena sayang waktunya tapi karena kesigapan temen-temen relawan yang nungguin waterstation yang mau bersusah payah lari-lari dari jalur kiri ke separator jalan untuk ngasi minum ke kita-kita, akhirnya ambil deh. Ga mau rugi gw even itu cuma air putih dan bukan minuman isotonik hehehe Untung relawan-relawannya masih anak sekolahan, jadi masih fit lah lelarian bolak balik hihihi

Last but not least tentang tempat penitipan tas. Udah ok sih, nomor penitipannya sama dengan nomor bib kita. Jadi kalo tas kita mau dititipin, tinggal robek bagian samping untuk diattach ke tas kita. Nomornya sama dengan nomor BIB kita. Yang jadi masalah ketika kita mau ngambil tasnya dari tempat penitipan. Ga tau kenapa, itu jadi rusuh banget. Si relawan satu teriak-teriak nyebutin nomor BIB, relawan lainnya sibuk usaha nyamain nomor BIB dengan seabrek tas yang ada di penitipan itu. Ngeliat masih antri dan masih rusuh, gw tinggal lah itu tempat penitipan tas. Mending ketemuan ma temen-temen kantor dan foto-foto dulu😀 Setelah susah payah telpon,whatsapp dan telpon lagi, akhirnya kekumpul semua temen-temen kantor yang udah pada finish. Pilih-pilih tempat foto yang ga gitu rame dan akhirnya end up di booth Aqua dengan gaya begini

Jakmar 2014Sesi foto di event ini masih lebih sedikit dibanding event-event yang biasanya gw ikutin. Bosen kali y backdropnya gitu-gitu aj atau emang udah pada buru-buru pulang karena ada urusan lain, jadi ga gitu konsen untuk nyari spot foto lain lagi hehehe

Abis foto-foto, langsung pada pamitan deh untuk pulang. Sebenernya maksud hati masih pengen nungguin temen finish yang ikut Full Marathon sih, apa daya semuanya udah pada punya urusan masing-masing, jadilah hanya bisa memantau dari sosmed aj😀 Gw sendiri abis foto-foto itu langsung balik lagi ke tempat penitipan tas karena tas gw masih disana. Harapan antriannya udah lebih sedikit ternyata salah. Antriannya berkurang sih tapi dikiiiittt banget hehehe Mengingat badan gw kecil ya, jadilah nyelusup sana sini biar bisa paling depan dan diliat sama para relawan itu untuk kemudian diambilin tas nya. Sempet panik juga karena gw ga ngeliat sedikitpun itu tas gw:/ Setelah orang ketiga yang nyariin tas gw, akhirnya nemu juga itu tas🙂 Legaaa banget rasanya ngeliat tas gw ada secara yaaa udah deg-degan ga karuan karena ga ngeliat tas gw dari pertama antri. Ga tau mesti suggest apaan untuk ngatasin ini karena gw liat sebenernya tas itu udah disusun urut sesuai nomor BIB nya. Yang kurang mungkin, informasi di tiap bagiannya. Mungkin seharusanya di bagian paling depan, dikasi pengumuman bahwa misal tent no.1 ini untuk no BIB dari nomor sekian sampai nomor sekian, tent no.2 dari nomor sekian sampai nomor sekian dan seterusnya. Pluusss para pesertanya juga sih yang kudu disiplin dan mau antri karena kalo ditelaah lagi, pengambilan tas jadi rusuh karena kita para peserta ada yang antri, banyakan yang nyelak😉 dan ga sesuai tempat antriannya pulak jadi ya rusuh deh. Salut sama ade-ade relawan yang udah ngurusin tempat penitipan tas ini. Maap y dek kalo kita banyakan marah dan pengen cepet😀 Kebayang puyengny nyari tas yang identik (kalo pada make tas racepack) ditengah-tengah teriakan orang-orang yang pengen cepet-cepet ambil tas nya.

Selain itu sih, kalo gw udah cukup..tapi kalo diliat di Facebooknya Indo Runner, banyak juga yang protes sama model finisher medal nya. Katanya sih ngga banget model kaos gitu. Mereka protes kenapa ga modelnya bentuk monas atau bentuk lainnya yang nunjukin icon Jakarta or Indonesia karena kan ini event internasional yang banyak diikutin sama orang-orang asing juga. Mmmm klo gw pribadi sih, ga gitu mentingin modelnya y. Justru lebih suka model tahun ini karena finishingnya lebih rapi dibanding tahun lalu yang terlihat asal jadi aj. Lain kali deh y difotoin finisher medal tahun lalu ma tahun ini😛 Ada juga yang ngeluh karena bagian atas nya patah. It happens to me too tapi karena itu finisher medal udah dimainin ma ponakan gw (baca: digeret-geret, dipukul-pukul ke lantai), jadi ga tau juga itu patah setelah “disiksa” ma ponakan gw atau emang udah dari awalnya hehehe

Overall, pelaksanaan JakMar 2014 ini udah lebih baik dari tahun sebelumnya. Semoga kekurangan-kekurangan di tahun ini bisa di perbaiki di tahun depan dan yaaahhh meskipun selalu adaaa aj kekurangannya, ga tau kenapa, gw ma temen-temen kantor selalu ikutan aj gitu event ini hahahaha Sampe-sampe temen gw bilang “Kita kenapa y Ki, jelas-jelas dari tahun lalu suka ga jelas ini acara, masih aj gitu kita ikutan daftar” hihihi So..mari lari teman-teman🙂

2 thoughts on “Jakarta Marathon 2014

  1. MsO says:

    ini kayak marathon yg diikutin mario tahun lalu ya? yg gratis kan? wah mesti pinter jadi relawannya ya. kalo gw udah gw bentak kalo tuh orang2 biar antri haha

    • kiky says:

      hehe bukan Rit. Ini yang bayar. Yg gratis itu diadainnya pas bulan Agustus kemarin (Independence Day Run). Salut sama relawannya, nerima” aj dijutekin ma kita hihihi

Leave a Reply

